Penuh Semangat, WNI di Canberra Ikuti Sosialisasi Perdana Pemilu 2019

AUSTRALIA, KRJOGJA.com – Masyarakat Indonesia yang bermukim di Ibu Kota Australia, Canberra, sangat antusias menyambut Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang akan diselenggarakan secara serentak di Australia pada hari Sabtu tanggal 13 April 2019.

Hal ini tercermin ketika program sosialisasi perdana tentang Pemilu 2019 yang digelar oleh Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) untuk wilayah Kota Canberra, Australia dan sekitarnya pada tanggal 30 April 2018 di Balai Kartini, KBRI Canberra dipenuhi masyarakat Indonesia.

Mereka mewakili semua unsur masyarakat Indonesia, mulai dari tokoh masyarakat, diplomat, kalangan profesional, akademisi, mahasiswa hingga ibu rumah tangga.

Tak heran jika mereka begitu serius menyimak paparan tentang Pemilu serentak tahun 2019 yang diberikan oleh PPLN Canberra. Sesi tanya jawab pun mereka manfaatkan untuk mengetahui hal-hal teknis Pemilu.

Taufik Damhuri misalnya, mahasiswa S-3 University of Canberra, Australia yang hadir bersama istri dan anaknya mengaku antusias hadir karena akan menjadi pengalaman pertamanya mengikuti Pemilu di luar negeri.

Sementara itu, Dedeh Mukri yang sudah beberapa tahun tinggal di Canberra menyebut ingin memastikan namanya masuk dalam daftar pemilih sebagai alasan mengapa tidak ingin melewatkan program sosialisi Pemilu ini.

Menurut Ketua PPLN wilayah Canberra, Iwu Dwisetyani Utomo, partisipasi masyarakat dalam Pemilu sangat penting karena merupakan hak konstitusi WNI, demikian keterangan pers yang diterima dari KBRI Canberra, Australia.

"Suara WNI termasuk di Canberra dalam Pemilu sangat krusial dalam menentukan masa depan Indonesia dan juga dalam memilih anggota DPR, Presiden dan Wakil Presiden", ujar wanita yang sehari-harinya berprofesi sebagai dosen di Australian National University (ANU). (*)

BERITA REKOMENDASI