Penyebaran Virus Corona Tidak Terpengaruh Musim

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Juru bicara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Harris mengatakan jika penyebaran virus corona dalam gelombang besar tidak terpengaruh musim yang sedang terjadi seperti halnya influenza.

“Musim tampaknya tidak memengaruhi penyebaran virus saat ini. Apayang mempengaruhi penularan virus yakni pertemuan massal, orang-orang tidak menjaga jarak, tidak mengambil tindakan pencegahan untuk memastikan mereka tidak berada dalam jarak dekat kontak,” ujar Harris.

Ia mengingatkan agar semua orang tidak berpuas diri apabila kasus Covid-19 di negaranya mengalami penurunan atau pelonggaran lockdown. “Sayangnya orang menafsirkan akhir dari penguncian wilayah sebagai akhir dari wabah. Padahal pelonggaran lockdown merupakan saat ketika Anda harus meningkatkan kewaspadaan,” ucapnya memperingatkan.

Namun ia mengatakan pelonggaran lockdown justru membuat banyak orang terlena dan lebih santai, maka tak mengherankan jika terjadi kenaikan jumlah infeksi. Terlebih menurutnya banyak generasi muda yang justru terlena dan menganggap pelanggaran lockdown sebagai momen mereka untuk menikmati liburan dan menggelar pesta. (*)

BERITA REKOMENDASI