Peran Bintang Lindungi Langit

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Bintang selalu menjadi pelengkap langit yang mampu dipandang manusia. Benda langit itu bahkan tampak bercahaya sehingga nampak jelas kala malam tiba.

Meski tampak sangat kecil dari Bumi, bintang memiliki ukuran yang besar yakni berdiameter sekira 20-40 km, hingga bintang besar yang berdiameter ratusan juta kilometer. Rupanya bintang juga memiliki peranan penting bahkan menjadi pelindung langit.

Objek bintang berbentuk bulat atau semibulat. Benda ini juga memiliki kandungan gas dan mudah terbakar, memancarkan cahaya, serta saling berhubungan satu sama lain.

Bintang juga memancarkan gelombang cahaya, ada yang tampak dan ada yang tidak tampak. Bintang memiliki siklus hidup dimulai dari kelahirannya, kemudian bintang muda, bintang tua, hingga akhirnya meledak lalu lenyap.

Mereka juga dapat meledak sebelum atau sesudah siklus tersebut yang kemudian kembali menjadi asap langit dan masuk ke dalam siklus kelahiran bintang baru.

Sebuah bintang menghabiskan sekira 90% dari usianya dalam tahap bintang biasa (seperti matahari) sebelum lenyap. Dalam dua tahap terakhir, mungkin saja usia bintang berakhir melalui ledakan.

Bintang-bintang seperti perapian raksasa di alam semesta dengan serangkaian reaksi nuklir di dalamnya atau yang dikenal sebagai 'fusi nuklir'. Di sanalah semua elemen yang diperlukan untuk kehidupan di Bumi dan langit diciptakan. (*)

BERITA REKOMENDASI