Perang Antar Napi di Meksiko, 28 Tewas

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sebuah perkelahian brutal di penjara Meksiko di Acapulco, Kamis (06/07/2017). Setidaknya 28 orang tewas dalam peristiwa itu.

Angka itu sekaligus menunjukkan bahwa perkelahian antarnarapidana itu adalah peristiwa terburuk dalam kekacauan sistem hukuman di Meksiko beberapa tahun terakhir.

Pecahnya perkelahian berbarengan dengan berkunjungnya Kepala Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat John Kelly mengunjungi Guerrero di Meksiko.

Acapulco adalah kota terbesar di Guerrero, salah satu daerah bagian Meksiko yang nyaris tak tersentuh hukum. Kalau pun ada, aturan mudah sekali dibelokkan atau dimanipulasi. Itu juga merupakan pusat produksi opium yang menjadi perhatian Amerika Serikat.

Dahulu Acapulco pernah menjadi ’taman bermain’ bagi artis-artis Hollywood. Daerah itu punya pantai yang cantik. Namun belakangan, kriminalitas merajalela.

Petugas keamanan Guerrero, Roberto Alvarez mengatakan bahwa perkelahian itu terjadi antara dua geng. Ironisnya, perkelahian terjadi di penjara dengan penjagaan maksimum. (*)

BERITA REKOMENDASI