Perang Saudara Hantui Israel

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL (KRjogja.com) – Mantan Kepala Badan Intelijen Israel atau Mossad, Tamir Pardo menuturkan, perang saudara saat ini sedang menghantui Israel. Ini disebabkan oleh terus meningkatnya ketegangan antara warga Yahudi dan Arab di Israel.

“Tidak ada ancaman dari luar yang eksistensial ke Israel, satu-satunya ancaman eksistensial yang nyata adalah perpecahan internal. Perpecahan ini dapat menggiring kita pada perang saudara,” kata Pardo.

Selain adanya ketegangan antara Yahudi dan Arab, Pardo menuturkan, bahwa di dalam tubuh masyarakat Yahudi juga mulai terjadi perpecahan. Menurutnya, ada beberapa kelompok masyarakat Yahudi yang mencari eksistensi, dan mencoba memisahkan diri dari masyarkat lainnya.

Pernyataan Pardo ini diperkuat oleh penelitian Pew Research Center, dimana disebutkan kelompok Yahudi di Israel secara garis besar terbagi menjadi dua. Kelompok pertama ada penganut Yahudi ortodox, sedangkan kedua adalah kelompok pengikut Yudaisme kontemporer. Selain itu ada pula kelompok kecil kelompok ekstrimis Yahudi. (*)

BERITA REKOMENDASI