Perangi Corona, Bill Gates Sumbang Rp 1,4 Triliun

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Orang kaya dunia nomor dua, Bill Gates dan istrinya Melinda, menyumbang US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun (kurs Rp14.000 per dolar AS), untuk penelitian vaksin dan upaya pengobatan virus corona.

Donasi Gates tersebut telah memenuhi sekitar 15 persen dari kebutuhan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebesar US$675 juta untuk memerangi penyebaran akibat covid-19 itu.

Diketahui, lebih dari 1.100 orang meninggal dunia karena terinfeksi virus corona di antara 42 ribu kasus orang terinfeksi. Virus yang berkembang biak di Wuhan, Hubei, China, itu telah menyebar luas hingga 25 negara-negara di dunia.

WHO mencari pendanaan US$675 juta untuk merespons sebaran virus corona dalam tiga bulan ke depan. Di antaranya US$60 juta dialokasikan untuk mendanai operasional WHO dan sebagian mengalir ke negara-negara yang berisiko terjangkit wabah virus corona, dengan sistem perawatan kesehatan yang lemah.

Sedangkan sisanya akan digunakan untuk melindungi populasi yang berisiko di Afrika dan Asia Selatan. “Respons terhadap wabah virus corona ini harus diikuti dengan sains, bukan ketakutan,” ujar CEO Gates Foundation Mark Suzman dalam pernyataan resmi. (*)

BERITA REKOMENDASI