Perayaan Idul Fitri WNI di Athena Semarak dengan Hadirnya Dubes ASEAN

YUNANI, KRJOGJA.com – Perayaan Idul Fitri tahun ini terasa lain dengan hadirnya para Dubes ASEAN di Yunani beserta istri, mantan Dubes Yunani untuk Indonesia, Ketua dan wakil Ketua organisasi sosial Ganesha yang mendorong promosi budaya Indonesia, serta tokoh masyarakat Yunani yang berkontribusi terhadap peningkatan hubungan Indonesia dan Yunani.

Jamuan khas Hari Raya Lebaran, seperti ketupat sayur, soto mi dan penganan khas Indonesia dengan para Dubes ASEAN dan sahabat Indonesia ini dilaksanakan usai salat Idul Fitri dan kegiatan halal bilhalal Duta Besar RI, Ferry Adamhar beserta masyarakat Indonesia di Yunani. Bertempat di Wisma Duta Besar di Athena.

Pensosbud KBRI Yunani, Kristina Natalia dalam keterangannya, Minggu (9/6/2019) menyebutkan perayaan Idul Fitri di Athena lebih awal satu hari dibandingkan Jakarta, merujuk pada keputusan Muslim Association of Greece (MAG) yang menetapkan waktu Idul Fitri di Yunani jatuh tanggal 4 Juni.

Kegiatan halal bihalal dihadiri sekitar 250 warga Indonesia yang umumnya bekerja pada sektor non-formal.

Untuk mengikuti Salat Idul Fitri dan halal bihalal, warga Indonesia harus meminta ijin dari tempat kerja beberapa minggu sebelumnya, serta harus dibantu surat keterangan dari KBRI Athena.

Kegiatan halal bihalal menjadi momentum berkumpulnya komunitas masyarakat Indonesia di Yunani di mana dalam kesehariannya WNI di Yunani tinggal bersama dengan majikan, momen ini juga sekaligus untuk menikmati makanan Indonesia seperti lontong sayur, soto mi, asinan, rendang dan sebagainya, yang jarang dijumpai di Yunani.

Sebagian besar WNI di Yunani umumnya bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga yang bekerja dan tinggal bersama majikan orang Yunani. Mereka biasanya hanya mendapatkan libur pada hari Minggu.

Kegiatan salat Id dan halal bihalal dilaksanakan KBRI Athena dengan bekerja sama dengan Komunitas Muslim Indonesia (Rohis Ikatan Keluarga Indonesia di Yunani) diketuai Rusli Yansyah.(*)

BERITA REKOMENDASI