Perdana Menteri Polandia Kecam Putin

Editor: Ivan Aditya

POLANDIA, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin karena menyalahkan negara mereka sebagai pemicu pecahnya Perang Dunia II.

Morawiecki menuding Putin berbohong untuk mengalihkan perhatian atas kegagalan Rusia baru-baru ini. "Presiden Putin telah berbohong tentang Polandia di banyak kesempatan dan dia selalu melakukannya dengan sengaja," kata Morawiecki.

"Kebohongan ini biasanya terjadi ketika pihak berwenang Rusia merasakan tekanan internasional terkait aktivitas mereka. Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia telah mengalami beberapa kekalahan yang signifikan," ujarnya menambahkan.

Sebagai contoh, Morawiecki mengatakan bahwa Uni Eropa telah memperpanjang sanksi terhadap Rusia atas pencaplokan Crimea. Atlet Rusia juga ditangguhkan dari olimpiade selama empat tahun karena kasus doping.

Selain itu, Morawiecki juga menuturkan Rusia gagal mengambil kendali penuh atas wilayah Belarus. Pernyataan itu diucapkan Morawiecki demi merespons komentar Putin soal Perang Dunia II. (*)

BERITA REKOMENDASI