Perempuan Menjadi Pusat Pengambilan Keputusan Isu Global

AMERIKA SERIKAT, KRJOGJA.com – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (PPPA RI), I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan pidato mewakili Presiden Joko Widodo di Pertemuan Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ’25th Anniversary of the Fourth World Conference on Women’ yang digelar secara virtual di Markas Besar PBB, New York, Kamis (1/10/2020) waktu setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Bintang menekankan pada dua hal, yakni target ambisius dan inovatif untuk memberdayakan perempuan membuat keputusan dan mengeliminasi diskriminasi terhadap perempuan agar potensi mereka bisa terlihat.

“Ini adalah momentum kita untuk tetap tegas memberdayakan perempuan, meski dunia sedang dilanda waktu yang sulit. Inilah waktu yang tepat untuk membuat perempuan menjadi pusat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan pembuat keputusan dalam isu global,” paparnya. Ia juga menyampaikan, di Indonesia, isu kesetaraan gender masih terus dibahas.

“Seperti, partisipasi perempuan di parlemen Indonesia masih cukup jauh dari target. Kami menargetkan ada setidaknya 30 persen perempuan, tetapi tahun ini hanya ada 20,5 persen,” beber Menteri Bintang. Ditambahkannya, Indonesia juga fokus pada program entrepreneur untuk memberdayakan perempuan secara ekonomi.

PBB

BERITA REKOMENDASI