Peringatan Victory Day, Rusia Pamer Kekuatan Militer

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Rusia kembali memperingati Victory Day dengan parade militer besar-besaran dari Lapangan Merah di Moskow, hingga ke kota St Petersburg. Victory Day atau yang kerap disebut juga dengan V-day adalah hari kemenangan Rusia dan juga sekutu atas Nazi di Perang Dunia II lalu.

Dalam parade militer tersebut Rusia menunjukan hampir semua kekuatan militer yang mereka miliki, mulai dari kendaraan tempur, hingga rudal balisitik generasi terbaru. Ada satu hal yang berbeda dalam peringatan V-day kali ini, yakni adanya parade jet tempur Rusis di kota St Peterburg. Ini adalah kali pertama adanya parade jet tempur di St Peterburg saat perigngatan V-day sejak tahun 1945. Lebih dari 40 pesawat dan helikopter terbang rendah di atas Dvortsovaya Square yang berada di pusat kota St Petersburg.

Di Moskow, yang merupakan pusat dari perayaan, sejumlah senjata dan kendaraan tempur Rusia tampak dilibatkan dalam parade militer. Tampak tank Armata, sistem pertahanan udara S-400, rudal balistik  Iskander-M, dam juga sistem pertahanan udara BUK-M2 dan TOR-M2U.

Selain itu, sejumlah jet tempur andalan Rusia turut melakukan aksi di atas langit Moskow. Mig-29 adalah salah satu jet tempur Rusia yang terlibat dalam parade militer itu. (*)

BERITA REKOMENDASI