Peringati HUT RI, Jemaah Haji Gelar Aneka Lomba

Editor: KRjogja/Gus

JEDDAH, KRJOGJA.com – Kendati jauh di negeri orang, jiwa nasionalis tetap dimiliki warga Indonesia. Terbukti meski berada di negeri Saudi Arabia yang jauhnya ribuan kilometer dari tanah air, tapi warga Indonesia yang saat ini menjadi jemaah haji tetap mempeerngati HUT Kemerdekaan ke-74 RI, Sabtu (17/8).

Tidak hanya dengan upacara seperti biasanya. Tapi sejumlah perlombaan yang khas saat Agustusan juga digelar. Hal tersebut setidaknya sedikit mengobati kerinduan akan tanah air yang lebih sebulan ditinggalkan.m

"Pertama bersyukur kita menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia. Yang harus dikedepankan bagaimana wujud rasa syukur itu dilakukan dengan mendoakan pendahulu kita telah mendahului," ucap Menag RI Lukman Hakim Saifuddin saat memimpin upacara HUT ke-74 RI di KJRI Jeddah Saudi Arabia.

Bentuk kecintaan itu menurut Lukman dapat diwujudkan dengan ikut menjaga, memelihara dan merawat keberadaan negara tercinta. Hal itulah mengapa pendahulu bangsa mengatakan cinta tanah air bagian yang tidak terpisahkan dari keimanan.

Sementara itu kegiatan memperingati kemerdekaan RI tidak hanya dilakukan pejabat di KJRI Jeddah. Jemaah haji di berbagai sektor di Makkah ikut melaksanakan upacara bersama petugas haji.

Seperti di Sektor 10 Makkah yang seluruhnya menampung jemaah Embarkasi Solo (SOC), selain upacara juga mengadakan berbagai perlombaan bertajuk 'Gebyar Pitulasan Ora Ngapak Ora Kepenak' di Halaman Hotel Kiswah Jarwal Makkah.

Berbagai kegiatan yang digelar, seperti Lomba nyokot krupuk, Lomba paku mubeng,
Lomba balap karung, Lomba balap balon,  Lomba banyu mlayu, Lomba piring tepung, Lomba nglebokna paku – botol serta ziarah kebangsaan.

"Harapannya dengan kegiatan ini jemaah menjadi lebih lepas mengekspresikan dirinya memperingati hari kemerdekaan RI," ucap Kasektor 10 Makkah Nurul Badruttamam. (Feb)

 

 

BERITA REKOMENDASI