Pernyataan Putra Mahkota Saudi Bikin Iran Geram

Editor: Ivan Aditya

ARAB, KRJOGJA.com – Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, menyebut pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, sebagai "Hitler baru di Timur Tengah" yang berupaya menebar pengaruh di kawasan.

Mohammed menganggap Khamenei ingin menciptakan proyeksi sendiri di Timur Tengah dengan metode sangat mirip dengan yang dikembangkan Hitler di Eropa saat Perang Dunia II. Ia menganggap perluasan ekspansi Iran tersebut perlu dibendung.

"Kami belajar dari Eropa bahwa berdiam saja tidak akan berhasil. Kami tidak ingin Hitler baru di Iran mengulang tragedi yang pernah terjadi di Eropa di Timur Tengah," ucap Mohammed.

Iran melalui kementerian luar negerinya mengecam pernyataan pangeran Saudi tersebut. Teheran menganggap Mohammed "berpikiran sempit" karena dengan mudahnya menyamakan pemimpin mereka dengan Hitler.

"Kata-kata yang tidak berharga dan tidak berguna karena berasal dari pikiran sederhana serta penuh ilusi yang hanya berbicara tentang kepedihan dan kebohongan," kata juru bicara Kemlu Iran, Bahram Ghasemi. (*)

BERITA REKOMENDASI