Pertemuan Trump dan Kim Jong-un, Kejutan Dunia

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pelopor upaya diplomatik Amerika Serikat dan Korea Utara, Joseph Yun, menyebut Korut terkejut Presiden Donald Trump menyetujui dengan cepat pertemuan dengan pemimpin Kim Jong-un.

"Terus terang, saya rasa mereka sedikit terkejut dengan Washington, Presiden Trump yang dengan segera menerima," kata Duta Besar Joseph Yun.

Yun mengundurkan secara tiba-tiba dari posisinya sebagai perwakilan khusus untuk kebijakan Korea Utara di AS pada awal bulan ini. Yun mengatakan dirinya menyambut baik rencana pertemuan Trump dan Kim, yang diperkirakan akan berlangsung pada Mei.

Pekan lalu, Trump menerima undangan bertemu Kim, dengan harapan bisa menghentikan program senjata nuklir Korea Utara. Keputusan tersebut diambil menyusul pembicaraan antara pejabat Korea Selatan dan Korea Utara saat Olimpiade Musim Dingin 2018 di awal tahun.

Sebelum mencairnya keadaan politik, ketegangan antara kedua negara tetangga tersebut memuncak dengan uji coba rudal Korea Utara yang semakin canggih. Uji coba tersebut direspons Trump dengan ancaman "api dan amarah" serta sanksi baru dari masyarakat internasional. (*)

BERITA REKOMENDASI