Pertemuan Trump – Kim Habiskan Ratusan Miliar Rupiah

Editor: Ivan Aditya

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Pertemuan bilateral yang paling dinantikan abad ini, antara Amerika Serikat dan Korea Utara, sudah bergulir. Singapura menjadi tuan rumah. Sebagian besar media massa dunia mengirim jurnalis untuk meliput hajatan ini, hotel-hotel penuh, keamanan dalam status waspada, dan pimpinan kedua negara membawa delegasi besar.

Pulau Sentosa menjadi lokasi ajang yang kerap digadang-gadang sebagai pertunjukan terakbar di dunia, melibatkan dua pemimpin negara yang kerap dianggap paling temperamental di dunia, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan pemimpin besar Korut, Kim Jong-un.

Meski mereka belum tentu menandai pertemuan itu dengan kesepakatan yang berarti, yang jelas ajang itu bakal menela biaya tak sedikit.

Merujuk keterangan pemerintah Negara Singa itu, mereka harus mengeluarkan uang sebesar USD20 juta atau sekitar Rp278 miliar. Anggaran itu mencakup ongkos keamanan dan membiayai seluruh keperluan delegasi Korea Utara.

Pemerintah Singapura akan menanggung seluruh biaya akomodasi delegasi Korut, termasuk penginapan Kim Jong-un di Hotel St Regis. (*)

BERITA REKOMENDASI