Peru Segera Miliki Presiden Baru

Editor: Ivan Aditya

PERU, KRJOGJA.com – Pemenang pemilihan Presiden (Pilpres) Peru yang diselenggarakan pada 6 Juni 2021 akan diumumkan pada pekan ini, setelah menyelesaikan tinjauan yang diajukan terhadap perhitungan suara.

Berdasarkan perhitungan suara, Pedro Castillo telah menerima 50,12 persen suara pada bulan lalu atau sekitar 44 ribu lebih banyak daripada saingannya, Keiko Fujimori yang saat ini sedang menghadapi persidangan kasus korupsi. Kepada anggota komisi pemilihan, Fujimori mengklaim hasil perhitungan suara tersebut sebuah penipuan. Sehingga, ia sudah mengisyaratkan tidak akan menerima hasil tersebut.

Para pendukung Fujimori juga telah menyerukan pemilihan baru serta mendesak Presiden Francisco Sagasti untuk mengaudit secara internasional dari perolehan suara tersebut. Namun Keiko Fujimori menyatakan akan menerima hasil perhitungan suara setelah Komisi Pemilihan Umum memproses komplain. “Karena itu diwajibkan oleh hukum dan konstitusi yang saya bersumpah membelanya,” kata Fujimori.

Presiden baru Peru akan dilantik pada 28 Juli 2021, bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan sementara Francisco Sagasti sebagai Presiden. (*)

BERITA REKOMENDASI