Perusahaan bioteknologi Ini Siap Siap Uji Coba Vaksin Virus Korona ke Manusia

Editor: Agus Sigit

JAKARTA, KRJOGJA.com – Perusahaan bioteknologi, Moderna mengungkapkan bahwa vaksin ‘mRNA-1273’ untuk memerangi virus korona COVID-19 siap diuji coba ke manusia. Uji klinis tersebut dijawalkan pada akhir April 2020 kepada 20 hingga 25 subyek.

Dilansir dari laman CBS News, Rabu (26/2/2020) vaksin tersebut kabarnya sudah dikirim ke Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) di Bethesda, Maryland.

Wall Street Journal melaporkan bahwa ini merupakan uji pertama vaksin virus korona kepada manusia, hasil pertama diharapkan datang pada awal Juli 2020.

“Ini merupakan rekor baru, masuk ke uji coba fase pertama hanya dalam waktu tiga bulan. Tidak ada yang pernah berjalan secepat itu,” kata Direktur NIAID, Dr. Anthony Fauci.

Imbas dari uji coba vaksin tersebut membuat harga saham Moderna naik 19% pada 25 Februari 2020, menjadi sekitar USD22 per saham.

Pembuat obat lain juga berlomba untuk mengembangkan vaksin melawan virus korona, termasuk Sanofi, Inovio Pharmaceuticals, Novavax dan Johnson & Johnson.

Penyakit virus korona yang secara resmi dikenal sebagai COVID-19, telah menginfeksi lebih dari 80.000 orang dan membunuh hampir 3.000 orang.

BERITA TERKAIT