Pesawat Amerika Bermanuver di Langit Korsel

Editor: Ivan Aditya

KORSEL (KRjogja.com) – Dua pesawat pembom supersonik milik Amerika Serikat (AS) kembali terbang di atas Korea Selatan (Korsel) dimana salah satu dari mereka mendarat di sebuah pangkalan udara 40 km sebelah selatan dari ibukota. Ini merupakan penerbangan kedua sejak uji coba nuklir Korea Utara (Korut) 9 September.

Dalam pernyataannya, pasukan AS di Korea mengatakan bahwa penerbangan yang dilakukan oleh sepasang pesawat pembom jenis B-1B Lancer yang berbasis di Guam itu dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan. Selain itu, penerbangan itu dimaksudkan untuk menunjukkan komitmen AS untuk menjaga keamanan Semenanjung Korea dan daerah.

Sebelumnya, dua pesawat pembom milik AS jenis B-1 pernah terbang diatas langit negara tetangga Korut dikawal oleh jet tempur AS dan Korsel untuk menunjukkan solidaritas terhadap Negeri Gingseng itu pada pertengahan September lalu.

Korut telah mengabaikan kecaman global sejak melakukan uji coba nuklir kelima pada 9 September. Minggu ini, rezim Pyongyang mengatakan telah berhasil menguji mesin roket baru yang akan digunakan untuk meluncurkan satelit. Keputusan itu kembali dianggap melanggar sanksi PBB. (*)

BERITA REKOMENDASI