Pesawat Mata-mata Amerika Sukses Intip Latihan Perang China

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – China protes keras jet pengintai U-2 milik Amerika Serikat terbang tanpa izin di atas zona larangan terbang wilayah tempat militer Tiongkok latihan perang.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan China Wu Qian menyebut pesawat AS yang melintas tanpa izin itu adalah bentuk provokasi. Ia pun menentang hal tersebut dan telah mengajukan pernyataan serius kepada AS.

“Ini sangat mengganggu aktivitas. Ini secara serius melanggar kode perilaku aman untuk udara dan laut antara China dan AS dan norma internasional. Ini dengan mudah menyebabkan kesalahan penilaian, atau bahkan bisa menyebabkan kecelakaan di laut dan udara,” kata Wu.

Sebuah sumber yang dekat dengan militer China melaporkan pesawat pengintai tersebut berasal dari pangkalan militer di Korea Selatan, dan terbang di atas Teluk Bohai tempat kapal induk China, Shandong ikut serta dalam latihan tersebut.

Di sisi lain Lembaga Pemikir South China Sea Probing Initiative mengungkapkan bahwa pesawat yang melintas adalah jet pengintai angkatan udara AS RC-135S. Mereka memperkirakan pesawat itu sedang dalam transfer, bukan misi pengintaian. (*)

BERITA REKOMENDASI