Pesawat Pengebom China Dikerahkan ke Perbatasan Tibet

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Dua pesawat pembom China terpergok berada di wilayah yang tengah dipermasalahkan dengan India, Tibet. Melansir South China Morning Post, hal itu diketahui setelah beredar foto-foto di media sosial Weibo resmi Komando Teater Pusat Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Dalam foto tersebut setidaknya tiga pembom Xian H-6 dan sebuah airlifter Xian Y-20 tampak berada di sebuah lapangan terbang yang diduga berada di wilayah otonom Tibet.

Teks yang menyertai gambar foto tersebut menjelaskan bahwa awak darat telah ditempatkan di pangkalan dataran tinggi, deskripsi untuk Tibet. Para awak ditugaskan untuk memelihara dan mengisi bahan bakar pesawat, kata keterangan tersebut.

Salah satu pesawat yang tampak yakni pembom H-6H. Pesawat jenis itu memiliki jangkauan tempur 2.500 km dan dapat membawa rudal jelajah udara-ke-darat atau anti-kapal.

China-India saling menuduh melepaskan tembakan di dekat tepi selatan Danau Pangong, dan menganggap sebagai pelanggaran terhadap perjanjian yang ditandatangani pada 1996.

Akun media sosial Komando Teater Pusat mengumumkan pesawat telah dikerahkan ke wilayah di bawah kendali Komando Teater Barat untuk menarik minat netizen. (*)

BERITA REKOMENDASI