Pesawat Pengintai Amerika Terbang di Wilayah Udara Korsel

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Pesawat pengintai milik Amerika dilaporkan terbang di wilayah udara Korea Selatan belum lama ini. Pesawat pengintai AS itu terbang di wilayah Korea Selatan untuk memantau Korea Utara yang semakin menebarkan ancaman terhadap Korea Selatan.

Pesawat RC-135W Rivet Joint milik Angkatan Udara AS terlihat di langit di atas wilayah ibukota, Aircraft Spots melaporkan namun tidak menentukan waktu terbangnya pesawat pengintai AS itu. Penerbangan terjadi ketika Korea Utara telah meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea, mengancam akan mengirim pasukan ke daerah perbatasan.

Korea Utara juga akan menghiraukan kesepakatan yang terjalin dengan Korea Selatan imbas tidak tegasnya Korea Selatan terhadap ulah para pembelot yang terus menerus menyebarkan selebaran propaganda. Korea Utara dalam beberapa bulan terakhir telah benar-benar memutuskan semua kerja sama dengan Korea Selatan.

Negara yang dipimpin Kim Jong Un itu juga menyatakan kesal atas keengganan Seoul untuk melepaskan diri dari sekutunya yaitu Amerika Serikat. Korea Utara turut kesal lantaran proyek-proyek ekonomi antar-Korea juga ditahan oleh sanksi yang diberikan AS atas program senjata nuklir Korea Utara. (*)

BERITA REKOMENDASI