Pesawat Tempur Amerika Hadang Dua Jet Rusia di Langit Alaska

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA, KRJOGJA.com – Pesawat jet Amerika Serikat dan Kanada menghalau dua pesawat bom jarak jauh milik Rusia yang mencoba memasuki kawasan pantai Alaska.

Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) melaporkan, dua jet F-22 AS dan dua pesawat tempur CF-18 Kanada dikerahkan untuk mengadang pesawat bom Rusia Tu-95 Bear saat mereka berhasil memasuki wilayah Alaska, AS, dan Zona Identifikasi Pertahanan Udara Kanada yang berjarak 200 mill dari barat pantai Alaska.

Pencegatan ini terjadi di tengah peliknya hubungan AS dan Rusia. Padahal pesawat Rusia tersebut masih berada di wilayah udara internasional dan sebelumnya tidak pernah memasuki wilayah kedaulatan AS maupun Kanada.

Sejumlah pejabat AS juga mengatakan pesawat Rusia itu telah melintas beberapa kali dalam setahun di daerah tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mereka berhasil diadang oleh jet milik AS dan Kanada sebagai bagian dari pasukan NORAD.

"Prioritas utama NORAD adalah melindungi Kanada dan AS. Pengendali NORAD mengidentifikasi dan mengadang pesawat Rusia yang terbang di dekat wilayah negara kami," ujar komandan NORAD Terrence J. O'Shaughnessy.

Sementara itu, militer Rusia menganggap pencegatan yang dilakukan AS itu tidak aman. (*)

BERITA REKOMENDASI