Pesawat Tempur Rusia Hadang Jet Amerika di Laut Hitam

Editor: Ivan Aditya

RUSIA, KRJOGJA.com – Pejabat Kementerian Pertahanan Amerika Serikat melaporkan bahwa jet pengintai milik angkatan lautnya dicegat secara tidak aman oleh jet tempur Rusia saat terbang di wilayah Laut Hitam.

Tiga pejabat Pentagon mengatakan jet SU-27 milik Rusia lewat tepat di depan pesawat EP-3 AS dengan kecepatan tinggi selama 25 menit. Para kru EP-3 melaporkan mengalami turbulensi sesaat setelah interaksi awal terjadi.

SU-27 lantas disebut melewati EP-3 untuk kedua kalinya sambil mengaktifkan afterburner atau pemanas mesin pesawat ketika bermanuver hingga membuat pesawat AS kembali mengalami turbulensi.

Melalui pernyataan, Angkatan Laut AS menganggap interaksi SU-27 tidak aman karena melintas dengan kecepatan tinggi tepat di depan EP-3 hingga membuat pilot dan kru pesawat dalam bahaya.

"Pencegatan SU-27 menutup lintasan EP-3 dan menyalakan afterburner saat bermanuver, awak EP-3 melaporkan turbulensi setelah interaksi pertama dan getaran saat interkasi kedua," bunyi pernyataan Angkatan Laut.

Hingga kini, Pentagon belum bisa memastikan seberapa dekat jarak pesawat Rusia itu dengan jet AS saat pencegatan berlangsung. Pejabat AS juga belum mengetahui SU-27 tersebut dipersenjatai atau tidak. (*)

BERITA REKOMENDASI