Petinggi ISIS Tewas di Tangan Tentara Amerika

Editor: Ivan Aditya

IRAK (KRjogja.com) – Pasukan koalisi, termasuk militer Amerika Serikat (AS) di dalamnya, berhasil menewaskan seorang pemimpin senior ISIS saat melakukan operasi di perbatasan Irak-Suriah. Operasi tersebut menjadikan ISIS sebagai target dan dikoordinasikan dengan pemerintah Irak dan pasukan Pemerintah Daerah Kurdistan.

Dewan Keamanan Daerah Kurdistan mengatakan pemimpin ISIS yang tewas adalah Sami Jassim Mohammed Al-Jabouri. Ia dikenal dengan nama perang Haji Hamad. Kabar kematiannya adalah kemenangan terbaru dalam perang yang tengah berlangsung terhadap kekuatan finansial ISIS.

Jabouri bertanggung jawab atas operasi ISIS terhadap sumber daya alam di Irak dan Suriah. Ia dan seorang pembantunya tewas dalam operasi itu. AS belum memverifikasi jika Jabaouri adalah sosok yang tewas dalam misi tersebut. Namun AS memverifikasi jika sosok yang tewas adalah tokoh kunci dalam operasi minyak ISIS.

Seorang pejabat pertahanan AS membenarkan operasi tersebut. Menurutnya, operasi itu adalah untuk menangkap anggota ISIS. Namun tampaknya tersangka mungkin telah bunuh diri ketimbang membiarkan dirinya tertangkap, namun ini belum di verifikasi, kata pejabat itu. (*)

BERITA REKOMENDASI