Pidato Xi Jinping Beri Sinyal Siap Perang Lawan Amerika

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Presiden China Xi Jinping mengeluarkan peringatan tajam tentang tekad militer Beijing yang kemungkinan ditujukan kepada Amerika Serikat. Hal itu disampaikan Xi dalam pidato pada peringatan 70 tahun masuknya China dalam Perang Korea.

Beijing sering menggunakan peringatan perang untuk memberikan peringatan tipis kepada Amerika Serikat tentang kekuatan militer. Dalam beberapa tahun terakhir, Presiden Donald Trump terlibat perselisihan pahit dengan China yang mencakup perdagangan, teknologi, hak asasi manusia, dan status Taiwan.

“Orang-orang China tidak membuat masalah, kami juga tidak takut pada mereka. Kami tidak akan pernah duduk diam dan menyaksikan kerusakan apa pun pada kedaulatan nasional kami dan kami tidak pernah membiarkan kekuatan apa pun menyerang atau membagi wilayah suci tanah air,” ujar dia.

Sejauh ini, perang tersebut merupakan satu-satunya perang yang mempertemukan pasukan China dan AS dalam pertempuran skala besar. Menurut pemerintah China, lebih dari 197 ribu tentara Tiongkok tewas dalam perang tiga tahun itu.

Dengan memuncaknya ketegangan antara Beijing dan Washington, China memperingati 70 tahun perang tersebut untuk konsumsi domestik sekaligus peringatan bagi AS. (*)

BERITA REKOMENDASI