Pidato Xi Jinping Menohok Trump

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pengamat militer dari Nanyang Technologi University Singapura Collin Koh mengatakan, pidato Presiden China Xi Jinpping merupakan penegasan kembali klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan.

“Kemungkinan ini dimaksudkan sebagai sinyal khusus kepada AS dan semua pihak yang Beijing anggap sebagai penyebab provokasi (di perairan yang disengketakan),” ujar Koh, peneliti studi internasional Nanyang University.

Menurut Koh, pidato Xi kepada Komando Teater Selatan juga dinilai sebagai sebuah peringatan yang jelas bagi pasukan pro-kemerdekaan di Taiwan, karena wilayah militer itu berbagi tanggung jawab dengan Komando Teater Timur untuk memantau pulau itu.

Diberitakan sebelumnya Xi Jinping memerintahkan angkatan perang untuk mempertahankan Laut China Selatan (LCS) dan Taiwan. Xi Jinping menegaskan perkuatan latihan militer bertujuan untuk menyiapkan diri saat menangani segala macam kondisi darurat

“Kita harus meningkatkan latihan kesiapan tempur, latihan bersama, dan latihan konfrontasi untuk meningkatkan kemampuan prajurit dan persiapan untuk perang,” ujarnya menambahkan. (*)

BERITA REKOMENDASI