PM Abe Bubarkan Parlemen

Editor: Ivan Aditya

JEPANG, KRJOGJA.com – Keputusan tegas dilakukan oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang mengumumkan akan segera membubarkan parlemen dan mengadakan pemilu dadakan. Di tengah kondisi politik yang mengejutkan itu, Gubernur Tokyo, Yuriko Koike, mengumumkan ia membentuk partai baru demi memperbaiki Jepang.

Koike mengumumkan bahwa ia akan membuat partai baru bernama Harapan jelang pemilu dadakan yang direncanakan diadakan bulan depan. Gubernur perempuan itu mengklaim ia akan menjadi pimpinan partai tersebut bersama para sekutunya yang terdiri dari 14 anggota parlemen.

Koike mengatakan, ia ingin mendorong adanya politik yang bebas tanpa kendala di Jepang serta melakukan reformasi yang berani. Ia menjelaskan, jika Jepang tidak mengatur ulang dirinya sendiri, maka negara tersebut tidak dapat bertahan dalam persaingan internasional atau bahkan mempertahankan diri.

Walau ia berstatus sebagai kepala partai, Koike juga memberikan pengumuman bahwa ia tidak memiliki niat untuk mengundurkan diri sebagai Gubernur Tokyo. Koike mengklaim bahwa sebagai pimpinan Ibu Kota Jepang, ia ingin mengambil inisiatif untuk mengubah dan melindungi Jepang serta berkompetisi dalam pemilihan Majelis Rendah di Parlemen.

Koike menjelaskan, Partai Harapan akan didasari oleh konstitusionalisme dan demokrasi serta menjadi partai yang toleran dengan basis konservatif-reformis. Partai baru itu mengklaim ingin menciptakan masyarakat Jepang yang inklusif. Pasalnya, Koike memandang saat ini kesenjangan sosial di Jepang dan dunia semakin meningkat. (*)

BERITA REKOMENDASI