PM Irak Deklarasikan Kemenangan atas ISIS

Editor: Ivan Aditya

IRAK, KRJOGJA.com – Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi, mendeklarasikan kemenangan di Mosul, setelah akhir pekan lalu pasukannya berhasil mengalahkan ISIS di kota tempat kelompok militan itu mengumumkan kekhalifahannya pada 2014 silam.

"Kemenangan kita saat ini merupakan kemenangan atas kegelapan, kemenangan atas kebrutalan dan terorisme, dan saya mengumumkan kepada dunia bahwa ini merupakan akhir dari kegagalan dan runtuhnya negara mitos teroris ISIS," ujar Abadi.

Pasukan keamanan pun menyambut deklarasi itu dengan sorak sorai. Mereka menari sambil mengibarkan bendera dan mengacungkan senjata ke udara.

Namun, koalisi Amerika Serikat yang membantu pasukan Irak mengalahkan ISIS di Mosul, mengingatkan bahwa kemenangan ini bukan berarti akhir dari perang melawan kelompok militan itu secara keseluruhan.

"Kemenangan ini tidak menghapus ISIS dan masih ada pertarungan sengit yang harus dilaksanakan. Namun, kekalahan salah satu kota terbesar bagi kekhalifahan mereka memang merupakan sebuah pukulan telak," ucap komandan operasi internasional anti-ISIS, Stephen Townsend. (*)

BERITA REKOMENDASI