Polda Metro Jaya Sabet Penghargaan di Singapura

SINGAPURA, KRJOGJA.com – Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menyabet penghargaan internasional setelah berhasil mengungkap kasus skimming. Penghargaan 'Law Enforcement Award' diberikan melalui gelaran 'AP Visa Risk Security Summit 2018' di Singapura.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Nico Afinta mengatakan, penghargaan tersebut disematkan atas keberhasilan Subdit Resmob dalam mengungkap kasus pencurian dana nasabah bank atau skimming.

"Kasus skimming telah diungkap oleh Subdit 3 Resmob Polda Metro sebanyak 11 kasus dengan total tersangka 18 orang," ujar Nico melalui keterangan tertulis, Kamis (17/5/2018).

Selain itu, Nico mengatakan, penyidik juga menyita kartu ATM palsu sebanyak 2.025. Ribuan kartu tersebut berisi data-data nasabah dari 77 bank di 24 negara berbeda.

Dia menjelaskan, AP Visa Risk Security Summit 2018 merupakan forum pertemuan yang dihadiri oleh seluruh industri pembayaran di Asia Pasific. 600 Industri pembayaran tersebut hadir untuk membahas management resiko pada sistem pembayaran.

"Bagaimana menanganinya, koordinasi lintas bank, kebijakan-kebijakannya, sistem untuk mengendalikan kejahatan pada sistem pembayaran dan membangun network yang berhubungan pada sistem pembayaran," ucap Nico.

Para pelaku pembobol ATM bank ini rata-rata hanya membutuhkan waktu 5-10 menit untuk memasang alat skimming ke dalam mesin ATM. Mereka menggunakan alat yang cukup canggih.(*)

BERITA REKOMENDASI