Politikus Korsel Minta Jenderal Korut Dieksekusi Mati

Editor: Ivan Aditya

KORSEL, KRJOGJA.com – Seorang anggota parlemen Korea Selatan, Kim Sung-tae, melontarkan protes keras terhadap kehadiran Kim Yong-chol, pemimpin delegasi Korea Utara dalam penutupan Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Dia bahkan meminta jenderal Korut itu dieksekusi mati.

"Kim Yong-chol adalah iblis penjahat perang yang menyerang Korea Selatan. Dia pantas mati digantung di jalan," kata Kim Sung-tae.

Tak hanya Kim Sung-tae, 70 anggota parlemen lainnya juga menggelar aksi di depan kompleks kepresidenan Korsel untuk menolak kehadiran jenderal yang dituding bertanggung jawab atas sejumlah peristiwa berdarah itu. Kim Yong-chol diyakini pernah memimpin badan mata-mata Korut dan memerintahkan agennya untuk melancarkan operasi serangan torpedo ke kapal Korsel hingga menewaskan 46 pelaut.

Korsel juga menuding Kim Yong-chol sebagai dalang di balik serangan di Pulau Yeonpyeong yang merenggut empat nyawa. Dengan rekam jejak tersebut, Korsel pun memasukkan nama Kim Yong-chol dalam daftar target sanksi berupa pembekuan aset. (*)

BERITA REKOMENDASI