Politikus UMNO Membelot ke Koalisi Anwar Ibrahim

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Partai Organisasi Nasional Persatuan Malaysia (UMNO) dikabarkan sedang goyah. Sejumlah politikus ternama mereka disebut-sebut mengundurkan diri dan 'membelot' menjadi anggota partai-partai koalisi pesaing mereka, Pakatan Harapan.

UMNO selama 61 tahun selalu mendominasi panggung politik dan menjadi penguasa Malaysia. Koalisi mereka, Barisan Nasional, sulit ditaklukkan.

Akan tetapi, sejak mereka takluk dari kelompok oposisi Pakatan Harapan pimpinan Anwar Ibrahim, yang kini menjadi partai penguasa, nampaknya mulai berdampak buruk. Konon sindrom pasca berkuasa menghinggapi para politikus UMNO.

Mereka dianggap kikuk ketika menjadi oposisi karena sudah terlampau lama berada di lingkar kekuasaan.

Contohnya pada 12 Desember lalu, sekitar belasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Negara Bagian Sabah fraksi UMNO memilih mundur, dan memberi dukungan kepada koalisi Pakatan Harapan dan Anwar. Kemarin, 31 anggota DPRD UMNO di Langkawi juga melakukan hal yang sama.

Menurut sumber, sejumlah petinggi Dewan Pengurus Daerah UMNO juga bersiap hengkang dari partai itu. Mereka diduga melakukan itu karena ingin memupuk modal politik, sekaligus tetap berusaha berada di lingkaran kekuasaan. (*)

BERITA REKOMENDASI