Popularitas Duterte Tetap Tinggi

Editor: Ivan Aditya

MANILA (KRjogja.com) – Tingkat popularitas Presiden Filipina Rodrigo Duterte selama enam bulan memerintah tetap tinggi. Setidaknya berdasarkan hasil sigi yang dilakukan lembaga SWT popularitas Duterte mencapai 63 persen.

Persentase ini tak beda jauh dengan hasil sigi tiga bulan lalu di hari ke-100 pemerintahan Duterte, yang menunjukkan tingkat popularitasnya mencapai 64 persen. Berarti dalam tiga bulan terakhir, popularitas Duterte tetap stabil.

Di pihak lain Duterte tetap optimis hubungan negaranya dengan AS akan membaik di era Donald Trump. Mantan wali kota Davao ini mengklaim dirinya telah berbicara dengan Trump pada awal Desember lalu. Dan dalam obrolan via telefon tersebut, lanjut Duterte, Trump sangat mendukung perang narkoba yang diluncurkannya sejak terpilih sebagai presiden akhir Juni 2016 lalu.

"Trump memahami kekhawatiran kami terkait bahaya narkoba. Bahkan, Trump mengucapkan selamat atas program pemberantasan narkoba yang kami lakukan selama ini. Dia bilang…apa yang dilakukan Filipina sudah benar," ujar Duterte mengutip pembicaraanya dengan Trump awal Desember lalu.

Kepolisian Filipina melaporkan bahwa sejak Duterte berkuasa, pihaknya telah menewaskan 2.086 orang dalam operasi narkoba. Sementara lebih dari 3.000 lainnya terbunuh tanpa ada penjelasan. (*)

BERITA REKOMENDASI