Populiasi Hiu Putih Kian Punah

Editor: Ivan Aditya

AMERIKA (KRjogja.com) – Penelitian sebelumnya mempredikisi bahwa keberadaan Hiu Putih di Afrika Selatan ada sekitar 700-1.000 ekor. Namun ternyata, studi yang dialakukan selama enam tahun oleh peneliti dari universityas tertua di Afrika, Stellenbosch University menunjukan populasi Hiu Putih di lautan Afrika Selatan tersisa hanya 350-500 ekor saja.

Hal itu terjadi akibat maraknya perburuan dan kualitas air laut dunia yang semakin buruk. "Populasi Hiu Putih di Afrika semakin sedikit, hal itu disebabkan polusi air dan perbuaruan, jika hal itu dibiarkan mungkin Hiu Putih akan lenyap," kata Sara Andreotti kepala peneliti.

Penelitian dilakukan di daerah perairan Gansbaai dekat Cape Town, lokasi tersebut merupakan daerah terbanyak tempat Hiu Putih menetap, hinggga sesekali Hiu Putih berenang di bibir pantai dan perairan ramai pengunjung. Aktivitas hiu dapat dilacak menggunakan sampel biopsi dan foto-foto sirip dorsal dengan menggunakan tanda khusus, sebagai “sidik jari hiu”

"Kami menyimpulkan bahwa Hiu Putih Afrika Selatan mengalami kepunahan drastis dalam generasi terakhir dan jumlah yang ada sekarang merupakan jumlah terendah untuk kelangsungan hidup mereka,” ungkapnya. (*)

BERITA REKOMENDASI