Positif Covid-19 Meningkat di Myanmar

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR,KRJOGJA.com – Klaster penularan virus corona dikabarkan melonjak di dekat perbatasan barat laut Myanmar dengan India. Kemunculan klaster corona baru itu menyebabkan peningkatan kasus infeksi Covid-19 paling tajam

Data resmi pemerintah Myanmar menunjukkan 122 kasus penularan baru dalam sehari. Meski jumlah itu terbilang rendah dibandingkan negara tetangga, namun angka penularan tersebut yang tertinggi selama empat bulan terakhir bagi Myanmar.

Banyak kasus penularan corona berasal dari Negara Bagian Chin yang berbatasan langsung dengan India. Hal itu meningkatkan kekhawatiran bahwa varian baru corona dari India telah masuk dan menyebar di Myanmar.

“Tiga orang meninggal dalam sehari kemarin. Banyak orang takut,” kata relawan Kelompok Bantuan Zomi Care and Development, Lang Khan Khai.

Banyak petugas medis Myanmar khawatir bahwa hanya sedikit kasus corona yang terdeteksi di negara itu. Sebab, tren pengujian tes corona disebut terus menurun terutama setelah kudeta berlangsung.

Hingga kini Kementerian Kesehatan Myanmar belum dapat dimintai konfirmasi. Myanmar dikhawatirkan menjadi episentrum ledakan kasus Covid-19 di tengah konflik yang terus membara sejak kudeta terjadi. (*)

BERITA REKOMENDASI