Potongan Tubuh Jamal Khashoggi Ditemukan Dalam Sumur

ANKARA, KRJOGJA.com – Jasad jurnalis Jamal Khashoggi dilaporkan telah ditemukan di dalam sebuah sumur di kediaman konsul jenderal Arab Saudi di Istanbul dalam keadaan tidak utuh dan wajah yang rusak. Jika keterangan yang didapat dari sedikitnya dua sumber otoritas Turki itu benar, maka laporan itu berlawanan dengan keterangan pejabat Arab Saudi yang mengatakan jasad Khashoggi telah digulung di dalam karpet dan diserahkan kepada kolaborator lokal untuk disingkirkan.

Salah satu sumber yang dilansir Sky News, Rabu (24/10/2018), menduga potongan jasad Khashoggi ditemukan di sebuah sumur yang terletak di taman kediaman konsul Arab Saudi di Istanbul yang berjarak sekira 500 meter dari gedung konsulat.

Penemuan itu dilaporkan hanya beberapa jam setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan berpidato di depan anggota partai berkuasa AKP, mengatakan Khashoggi adalah korban pembunuhan berencana yang biadab dan mempertanyakan keberadaan jasad Khashoggi.

“Mengapa jasad seseorang yang secara resmi dikatakan telah dibunuh belum juga ditemukan,” kata Erdogan.

Setelah beberapa pekan menyangkal tuduhan mengenai pembunuhan Khashoggi yang ditujukan oleh Turki, pada Sabtu Riyadh akhirnya mengonfirmasi kematian Khashoggi. Pemerintah Arab Saudi mengatakan kolumnis Washington Post itu tewas setelah terlibat perkelahian di gedung kedutaan. Jasadnya digulung dalam karpet dan diserahkan kepada kolaborator lokal untuk disingkirkan.

Namun, pada pidato yang disampaikan pada Selasa, Erdogan mengatakan pembunuhan Khashoggi telah direncanakan sebelumnya. Dia mengatakan, Arab Saudi berusaha menutupi pembunuhan itu dan menuntut semua yang bertanggungjawab untuk diadili di Turki. (*)

BERITA REKOMENDASI