Prajurit Amerika Tinggalkan Afghanistan

Editor: Ivan Aditya

AFGHANISTAN, KRJOGJA.com – Seluruh pasukan Amerika Serikat dan NATO dilaporkan telah meninggalkan pangkalan udara Bagram, Afghanistan.
Keberangkatan pasukan ini menandakan penarikan penuh pasukan asing dari Afghanistan setelah 20 tahun keterlibatan mereka di negara itu.

“Semua pasukan koalisi sudah keluar dari Bagram,” kata seorang pejabat pertahanan AS.

Namun dia tidak merinci kapan pasukan asing terakhir meninggalkan pangkalan yang letaknya 50 kilometer dari ibu kota Kabul itu. Pangkalan Udara Bagram berfungsi sebagai kunci utama untuk operasi pasukan koalisi pimpinan AS di negara itu, di mana perang panjang melawan Taliban dan sekutu Al-Qaeda dimulai pada 2001.

Pejabat tersebut juga tidak menjelaskan kapan pangkalan udara akan secara resmi diserahkan kepada pasukan Afghanistan. Akan tetapi Juru Bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan Rohullah Ahmadzai mengatakan otoritas pemerintah “sepenuhnya siap” untuk mengambil alih pangkalan itu.

Militer AS dan NATO sedang sedang merampungkan pemulangan pasukan untuk mengakhiri keterlibatan mereka di Afghanistan sebelum tenggat waktu 11 September. Penarikan pasukan ini dilakukan ketika kelompok Taliban menggencarkan serangan tanpa henti di seluruh wilayah Afghanistan dalam dua bulan terakhir. (*)

BERITA REKOMENDASI