Prajurit China Bakal Disuntik Vaksin Corona

Editor: Ivan Aditya

CHINA, KRJOGJA.com – Pemerintah China telah menyetujui penggunaan vaksin uji klinis Covid-19 untuk disuntikkan kepada personel militer mereka. Vaksin itu bernama Ad5-nCoV yang dikembangkan oleh Institut Bioteknologi Beijing dan perusahaan vaksin CanSino Biologics. Institute Bioteknologi Beijing adalah bagian dari Akademi Ilmu Kedokteran Militer Pemerintah China.

Dalam sebuah pernyataan kepada Bursa Efek Hong Kong pada Senin (29/06/2020), CanSino mengumumkan bahwa Komisi Militer Pusat China telah menyetujui penggunaan vaksin sebagai obat khusus yang dibutuhkan militer pada 25 Juni. Izin khusus itu akan berlangsung selama satu tahun dan hanya akan berlaku untuk personel miter.

China berulang kali menegaskan bahwa militernya tidak terpengaruh pandemi, para pejabat mengklaim Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) belum mencatat satu pun kasus virus corona.

Sementara itu pengamat Amerika Serikat meragukan klaim tersebut. AS mencatat PLA adalah pasukan terbesar di dunia, sehingga secara statistik tidak mungkin jika personelnya sama sekali belum terpapar virus.

Baik pemerintah China maupun CanSino tidak menyebutkan seberapa luas vaksin akan didistribusikan, serta unit mana yang dipilih, atau apakah vaksin itu bersifat wajib atau sukarela bagi personel militer. (*)

BERITA REKOMENDASI