Prancis Segera Buka Perbatasan

Editor: Ivan Aditya

PRANCIS, KRJOGJA.com – Pemerintah Prancis mengumumkan rencana pembukaan kembali perbatasan ke negara-negara di luar zona Schengen secara bertahap mulai 1 Juli. Hal tersebut disampaikan melalui pernyataan bersama Menteri Dalam Negeri dan Luar Negeri.

“Pembukaan ini akan dilakukan secara bertahap dan berkembang sesuai dengan situasi kesehatan di masing-masing negara ketiga dan sesuai yang disepakati Eropa saat ini,” kata Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian.

Tak hanya itu, Menteri Dalam Negeri Christophe Castaner juga menekankan pembukaan kembali Prancis akan selaras dengan seluruh Uni Eropa. Castaner dan Le Drian juga mengonfirmasi Prancis akan mencabut batasan di semua perbatasan Schengen mulai 15 Juni. Wilayah perbatasan Schengen meliputi sebagian besar Uni Eropa seperti Jerman, Belanda, Italia Ceko, Spanyol, termasuk Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein.

Rencana tersebut disampaikan setelah Prancis menutup perbatasan sejak pertengahan Maret demi meredam penyebaran virus corona di negara tersebut. Namun, Uni Eropa merekomendasikan pencabutan larangan masuk untuk negara-negara Balkan seperti Albania, Bulgaria, Kosovo, Montenegro, serta Yunani mulai 1 Juli 2020. (*)

BERITA REKOMENDASI