Presiden Belarusia Doyan Ngetes Mobil

MINSK (KRjogja.com) – Tidak banyak presiden di dunia yang punya hobi di bidang automotif seperti mengendarai mobil-mobil tertentu. Sekalipun ada, biasanya presiden tidak diberi keleluasaan untuk mengendarai mobil dengan alasan keamanan atau lainnya. Tapi, tidak dengan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Ia diketahui suka menjajal berbagai mobil, terutama kendaraan listrik. Sehingga tidak heran ada banyak mobil ramah lingkungan itu yang sudah dijajalnya.

Dilaporkan Belarus News, Lukashenko baru-baru ini menjajal mobil listrik Amerika sedan Tesla Model S. Kerena sudah pernah mencoba beberapa mobil listrik sebelumnya ia bisa membandingkan dengan yang lain.

"Dibuat sebagai mobil yang luar biasa," demikian kesannya begitu mencoba Model S. Tak disebutkan Model S tipe apa yang dicobanya, namun besar kemungkinan adalah P100D, varian tertinggi.

"Akselerasinya sangat cepat dan meninggalkan mobil-mobil Jerman bermesin bakar yang pernah kami coba sebelumnya," ungkap pria yang sudah menjabat sebagai Presiden Belarusia sejak 1994 itu.

Ia juga menyebut Model S punya traksi yang sangat baik dan mampu melaju seperti roket. Tesla Model S P100D dilengkapi dua motor listrik yang menggerakkan empat roda, masing-masing mampu memproduksi tenaga 259 hp pada 6.100 rpm dan 503 hp pada 5.950 hp.

Baterainya memiliki energi 100 kWh dan daya 350 volt yang sanggup mengantarkan mobil menjelajah sejauh 572 kilometer. Akselerasi dari 0-100 kilometer per jam dapat dicapai dalam 2,7 detik dengan kecepatan maksimum 250 km/jam. Disebutkan, mobil listrik lain yang pernah dicoba Lukashenko adalah Mitsubishi i-MiEV. Secara spesifikasi memang i-MiEV yang dibuat sebagai mobil perkotaan tidak dilengkapi baterai dan motor listrik sebaik Tesla Model S.

Mobil bermotor listrik lain yang jugaa sudah dijajalnya adalah BMW seri 'i'. Ia menyebut Seri 'i' dibuat dengan baik, punya akselerasi bagus, cepat, dan punya kemampuan manuver yang lincah. BMW memiliki dua model 'i' yakni full electric i3 dan plug in hybrid i8.

Pada kesempatan itu Lukashenko juga menyampaikan harapan agar para engineer Belarusia punya kemampuan untuk membuat mobil sehebat Tesla Model S. Ia menaruh perhatian terhadap masa depan industri automotif Belarusia. Menurutnya, ke depan mobil listrik akan menjadi tren dan industri harus diarahkan ke sana.

"Dalam waktu dekat, tidak ada lagi orang yang mau membeli mobil bermesin konvensional seperti membeli coklat panas seperti di masa lalu. Bandingkan mobil-mobil ini dengan apa yang sudah kita buat dan menjadi cita-cita untuk membuat mobil dengan standar seperti ini," cetusnya. (*)

BERITA REKOMENDASI