Presiden Jokowi Disambut Penasihat Kepala Khusus Protokol Saat Tiba di AS dan Dijamu Santap Malam Joe Biden

Editor: Ary B Prass

JAKARTA, KRJOGJA.com – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkap, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang tidak disambut oleh pejabat tinggi Amerika Serikat (AS) saat tiba di Washington. Tapi ada pihak dari AS yang menyambut, yakni Penasihat Khusus untuk Kepala Protokol AS, Asel Roberts.

Retno dalam keterangannya mengatakan tidak adanya pejabat tinggi AS yang menyambut karena bukan kunjungan bilateral. “Tidak adanya penjemputan oleh pejabat AS karena kunjungan kerja Presiden Jokowi bukan merupakan kunjungan bilateral, namun untuk menghadiri ASEAN-US Special Summit,” kata Retno, Kamis (12/5/2022)

Meski begitu, Retno mengungkap tetap ada pejabat AS yang menyambut yakni Special Adviser to the US Chief of Protocol, Asel Roberts. Asel kata Retno juga menyambut pimpinan negara lain, yakni PM Malaysia, Kamboja, hingga Vietnam.

“Di hari yang sama (10/5), Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob tiba di Amerika Serikat. Kemudian Perdana Menteri Kamboja Hun Sen dan Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chính disambut oleh pejabat yang juga menyambut Presiden Jokowi yaitu Special Adviser to the US Chief of Protocol, Asel Roberts,” kata Retno.

Untuk diketahui, Jokowi, yang didampingi sang istri, Iriana Jokowi, serta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington, DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022), sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS), atau Rabu, 11 Mei 2022, pukul 08.40 WIB. Kedatangan Jokowi itu disambut oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani.

BERITA REKOMENDASI