Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN

Editor: Ivan Aditya

LAOS (KRjogja.com) – Presiden RI Joko Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara di Vientiane, Laos. Kunjungan Jokowi ke Laos dilakukannya setelah menyelesaikan rangkaian agenda kunjungan kerja ke Republik Rakyat Tiongkok. KTT Asean ke-28 dan ke-29 ini akan dibuka secara resmi di National Convention Centre (NCC).

Dalam KTT ke-29 yang akan digelar besok sekaligus pula sidang terbatas, para pemimpin Asean akan membahas tentang hubungan luar negeri Asean dan orientasi Asean pada ke depan. Para pemimpin Asean juga akan membahas masalah-masalah regional dan internasional yang menjadi kepentingan bersama.

Saat Jokowi bersama pemimpin Asean lainnya menghadiri KTT Asean ke-28, Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama dengan istri para pemimpin Asean lainnya diagendakan untuk mengikuti 'spouse program'.

Selama KTT Asean ke-28 berlangsung, Jokowi akan didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Usai pelaksanaan KTT Asean ke-28, Presiden Joko Widodo beserta pemimpin Asean lainnya diagendakan untuk menandatangani dokumen "The Asean Declaration on One Asean, One Response: Asean Responding to disasters as one in the Region and outside the Region". Setelah itu, Jokowi akan langsung menghadiri Asean Leaders Interface with Representatives of Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (*)

BERITA REKOMENDASI