Presiden Nigeria Jiplak Pidato Obama

Editor: Ivan Aditya

ABUJA (KRjogja.com) – Setelah ketahuan media karena menjiplak pidato Presiden AS Barack Obama, Presiden Nigeria Muhammad Buhari pun meminta maaf telah melakukan perbuatan tercela tersebut. Permintaan maaf tersebut dilakukan kurang dari sepekan menjelang kunjungannya ke New York untuk bertemu Obama pada 24 September 2016 ini.

Aksi penjiplakan tersebut sebenarnya dilakukan pada 8 September lalu. Saat itu, insiden tersebut belum ketahuan media, Buhari hanya diam. Namun akhirnya dia tak bisa lagi berkelit karena setelah media mempublikasikan aksi penjiplakan yang dilakukannya, warga pun mengecam Buhari yang sebelum menjadi presiden adalah pemimpin militer di Nigeria.

Buhari mengakui telah menjiplak pidato kemenangan Presiden Barack Obama pada 2008 lalu. Dia pun meminta maaf atas insiden tersebut dan menjelaskan bahwa dirinya bukan penulis naskah pidato hasil penjiplakan tersebut. Kata Buhari, ada tim penulis pidato dan dirinya berjanji akan menghukum mereka yang bertanggung jawab telah menjiplak pidato Obama.

Adapun, bahan pidato Obama yang dijiplak tersebut ditemukan dalam pidato kampanye Buhari 8 September 2016 lalu yang berjudul ‘Perubahan Dimulai dari Saya’. Sejumlah kalimat yang disebutkan Presiden Buhari sama dengan apa yang pernah disampaikan Obama delapan tahun lalu saat terpilih sebagai presiden pertama AS keturunan Afrika. (*)

BERITA REKOMENDASI