Presiden Prancis Kecam Kebijakan Trump

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Presiden Perancis Emmanuel Macron mengecam kebijakan pemerintahan Presiden Donald Trump yang semakin proteksionis dan mengisolasi Amerika Serikat. Macron juga menyinggung pidato Trump di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menyebut AS menolak globalisme dan menganut nasionalisme. Trump menyebut kedaulatan dan kepentingan AS di atas segala-galanya.

"Saya tidak pernah berhenti menegakkan prinsip kedaultan bahkan dalam menghadapi gerakan nasionalisme tertenu yang kita lihat bersama hari ini, mengutamakan kedaulatan untuk menyerang negara lain," ujar Macron.

Dalam pidatonya, Macron juga mengatakan gerakan nasionalisme yang berlebihan bisa mengarah pada kekalahan. Pernyataan itu didasarkannya melihat sejarah perang dunia di Eropa. Presiden berusia 40 tahun itu juga memaparkan bahwa "perjanjian bilateral, kebijakan proteksionisme baru, tidak akan berfungsi," di saat situasi global membutuhkan kerja sama multilateral.

"Nasionalisme selalu mengarah pada kekalahan. Jika keberanian kurang dalam mempertahankan prinsip fundamental, tatanan internasional menjadi rapuh dan ini dapat menyebabkan seperti yang telah kita lihat dua kali, Perang Dunia. Kita melihat kegagalan dengan mata kepala sendiri," tutur Macron. (*)

BERITA REKOMENDASI