Pria Korut Terlibat Pencucian Uang di Amerika

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Seorang pria asal Korea Utara, Mun Chol Myong, akan diekstradisi dari Malaysia ke Amerika Serikat setelah diduga melakukan pencucian uang di Negeri Paman Sam. Ekstradisi itu diproses setelah Mun kalah banding dalam gugatan hukum terakhir di pengadilan tinggi Malaysia.

Pengadilan tinggi Malaysia menolak banding terakhir Mun dan semua persyaratan perjanjian ekstradisi Malaysia-AS telah dipenuhi. Dalam persidangan, jaksa penuntut Mohamad Dusuki Mokhtar mengatakan bahwa itu adalah kewajiban pemerintah Malaysia untuk memfasilitasi ekstradisi.

“Ini melibatkan hubungan antara kedua negara, kami tidak khawatir terkait hak atas pengadilan yang adil. Persidangan yang sebenarnya akan berlangsung di AS,” kata Dusuki.

Mun telah menetap di Malaysia sejak satu dekade terakhir bersama keluarganya. Ia dikabarkan ditangkap pada 2019 setelah ada permintaan ekstradisi dari Washington.

Biro Investigasi Federal (FBI) menyebut Mun memimpin kelompok kriminal yang memasok barang terlarang ke Korea Utara dan mencuci uang melalui salah satu perusahaan. (*)

BERITA REKOMENDASI