Produksi Pangan Korut Capai Rekor Terendah

Editor: Ivan Aditya

KORUT, KRJOGJA.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa produksi pangan Korea Utara mencapai rekor terendah dalam satu dekade belakangan.

Laporan Kebutuhan dan Prioritas PBB yang dirilis menunjukkan produksi pangan Korut pada 2018 hanya mencapai 4,95 juta ton, menurun 500 ribu ton dari tahun sebelumnya.

"Ini adalah produksi terendah dalam lebih dari sepuluh tahun belakangan," ujar Koordinator Residen PBB.

Akibat kekurangan pangan ini, orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan di Korut mencapai 10,9 juta, setara 43 persen dari populasi keseluruhan di negara itu. Angka tersebut melonjak 600 ribu dari tahun sebelumnya.

Sementara jumlah orang yang harus dibantu terus meningkat, PBB justru harus memangkas bantuannya hingga hanya dapat menolong 3,8 juta orang dari sebelumnya 6 juta.

Menurut PBB, bantuan yang mereka koordinasikan untuk Korut memang menurun, terutama karena berbagai sanksi internasional atas negara pimpinan Kim Jong-un tersebut. Tahun lalu saja, mereka hanya bisa memenuhi 24 persen dari keseluruhan target penerima bantuan.

PBB pun mendesak sejumlah badan pendonor untuk mempertimbangkan kembali program mereka dan tidak membiarkan pertimbangan politik menghalangi jalan untuk memberikan bantuan kemanusiaan. (*)

BERITA REKOMENDASI