Proses Pemulangan Rohingya ke Myanmar Dilanjutkan

Editor: Ivan Aditya

MYANMAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Bangladesh dan Myanmarmenyatakan sepakat akan memulai kembali proses pemulangan etnis Rohingya pekan depan. Proses ini sempat tertunda selama satu tahun lantaran kedua negara itu sempat berselisih dalam beberapa hal.

Dilaporkan ada sekitar 3,540 etnis Rohingya yang dipulangkan ke kampung halaman mereka di Negara Bagian Rakhine, Myanmar.

"Kami sepakat untuk memulangkan 3,540 etnis Rohingya pada 22 Agustus," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Myanmar, Myint Thu.

Direktur Jenderal pada Kementerian Sosial Myanmar, Min Thein, menyatakan mereka sudah membenahi sejumlah bangunan yang berada di dekat perbatasan sebagai tempat tinggal etnis Rohingya, yang selama ini kosong karena proses repatriasi tertunda.

"Kami sudah mempersiapkan bangunan itu dengan membersihkan dan menambah jumlah pengurus," kata Min Thein.

Menurut seorang pejabat Bangladesh yang enggan ditulis namanya, upaya pemulangan ini hanya skala kecil. Dia juga menyatakan tidak ada pemaksaan bagi etnis Rohingya.

"Bangladesh hanya ingin proses pemulangan ini berjalan aman, santun, berkelanjutan dan tanpa paksaan," kata pejabat itu. (*)

BERITA REKOMENDASI