Puerto Rico Legalkan Sabung Ayam

Editor: Ivan Aditya

PUERTO RICO, KRJOGJA.com – Puerto Rico yang memiliki populasi 3,2 juta orang memiliki 71 tempat sabung ayam di 45 kota yang mendapat izin operasi dari Departemen Olahraga dan Rekreasi.

Pejabat memperkirakan industri sabung ayam menghasilkan US$18 juta (sekitar Rp251,4 miliar) per tahun dan mempekerjakan sekitar 27 ribu orang seperti Rojas, mencatat bahwa pekerjaan berkisar dari hakim hingga teknisi yang membersihkan arena, memberi makan ayam dengan pepaya setelah berkelahi, sampai dengan mereka yang mengamankan taji ayam sebelum pertarungan.

Banyak dari mereka khawatir kehilangan pekerjaan ketika Kongres Amerika Serikat (AS) menyetujui RUU Pertanian 2018 Desember lalu yang bertujuan mengakhiri sabung ayam di wilayah AS, memberi mereka waktu satu tahun untuk mematuhinya aturan anti kekerasan pada hewan itu.

Sabung ayam sudah ilegal di seluruh 50 negara bagian AS tetapi masih dipraktekkan secara luas di yurisdiksi lainnya, termasuk Puerto Riko.

Langkah itu membuat banyak pejabat di Puerto Riko bersiaga atas apa yang mereka pandang sebagai gangguan lain oleh pemerintah federal.

Bagaimanapun, sabung ayam dilegalkan pada tahun 1933 oleh seorang gubernur Puerto Riko dari Kentucky yang berusaha menarik wisatawan AS ke kawasannya.

Langkah itu mengakhiri 34 tahun pertempuran bawah tanah yang dimulai ketika pemerintah AS melarang praktik itu pada Mei 1899 setelah mengalahkan Spanyol dan menduduki Puerto Rico. (*)

BERITA REKOMENDASI