Puluhan Warga Israel Tewas Usai Ritual Yahudi

Editor: Ivan Aditya

ISRAEL, KRJOGJA.com – Upacara keagamaan umat Yahudi, Lag B’Omer, yang berlangsung di salah satu situs ziarah paling suci Israel berujung maut. Setidaknya 44 orang dari puluhan ribu Yahudi Israel tewas akibat berdesakan saat upacara Lag B’omer di Gunung Meron, Galilea. Sebanyak 150 jemaah juga terluka akibat insiden itu.

Kejadian itu dilaporkan terjadi pada Kamis tengah malam tepatnya pukul 01.00 waktu lokal. Saat itu, puluhan ribu jemaat melangsungkan upacara api unggun yang digelar berdekatan dengan makam Rabbi Shimon Bar Yohai.

Makam Rabbi Shimon menjadi pusat ziara tahunan umat Yahudi dan salah satu inti upacara Lag B’Omer. Menurut laporan Times of Israel, berdasarkan laporan awal pihak berwenang, lautan jemaat terlihat memenuhi gelanggang saat sesi api unggun itu berlangsung. Sebagian besar dari para peziarah bahkan berdesakan.

Selama upacara itu, para jemaat bernyanyi, berdoa, dan menari bersama. Akibat kelebihan kapasitas, salah satu bagian tribun gelanggang ambruk hingga membuat jemaat satu per satu mulai berjatuhan dan terinjak-injak, termasuk anak-anak.

Insiden itu menimbulkan kepanikan bagi jemaat lain, sebagian besar dari mereka mencoba menyelamatkan diri keluar dari kerumunan hingga terjadi aksi dorong-dorongan. Satu per satu jemaat yang ada di kerumunan pun terjatuh. (*)

BERITA REKOMENDASI