Pusaka RI yang Dijarah Belanda Saat Perang Bakal Dikembalikan

BELANDA, KRJOGJA.com – Ribuan karya seni yang dianggap dijarah oleh penjajah Belanda dapat dikembalikan ke negara asalnya. Hal itu bisa terwujud berkat museum paling terkenal di Belanda mendukung laporan yang mengusulkan “pengakuan dan perbaikan ketidakadilan” secara besar-besaran atas pusaka yang diambil.

Direktur Museum Rijksmuseum dan Tropenmuseum di Amsterdam mengatakan mereka akan mendukung proposal yang dibuat pada hari Selasa, untuk struktur hukum terkait pengembalian sekitar 100.000 benda, di mana klaim untuk restitusi dapat dibuat. Dengan penekanan pada pengembalian atas “kerugian tidak disengaja” telah teridentifikasi.

Diantara benda yang disebutkan laporan Dutch Council of Cultur atau Dewan Kebudayaan Belanda, salah satu yang perlu diperiksa adalah berlian 70 karat milik Sultan Banjarmasin. Benda itu dikirim ke Belanda setelah tanah sang pemimpin yang sekarang menjadi bagian dari Indonesia, dikuasai Belanda di akhir abad ke-19. Berlian itu dipajang di Rijksmuseum.

“Jika itu bukan milik Anda, maka Anda harus mengembalikannya,” kata penulis laporan badan penasihat pemerintah, Lilian Gonçalves-Ho Kang You, saat mengusulkan komite independen baru untuk memeriksa klaim, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (12/10/2020).

BERITA REKOMENDASI