Pusaka RI yang Dijarah Belanda Saat Perang Bakal Dikembalikan

Direktur Museum Belanda Rijksmuseum Taco Dibbits mengatakan lembaganya sudah bekerja untuk mengidentifikasi asal-usul koleksinya, termasuk struktur formal untuk pengembalian akan diterima.

Dia berkata: “Ini adalah masalah penting yang semakin mendapat perhatian, termasuk dunia internasional, dalam beberapa dekade terakhir. Itulah mengapa ada baiknya ada kebijakan nasional untuk ini dan ada sarannya.”

“Menurut kami, membentuk komite independen dan pusat keahlian untuk menangani klaim apa pun dari negara bagian merupakan saran yang baik. Kami berharap ini berkontribusi pada dialog yang konstruktif dengan negara asal. Selain itu, penting agar museum bekerja sama secara internasional untuk menambah pengetahuan tentang kawasan ini.”

“Untuk Rijksmuseum, artinya kami juga akan terus meneliti asal-usul koleksi kami dari bekas jajahan dan mengintensifkan kerjasama internasional. Komite independen pada akhirnya akan menangani restitusi.”

Direktur Tropenmuseum Stijn Schoonderwoerd, yang stafnya dikatakan telah aktif mencari barang-barang untuk dikembalikan ke kampung halamannya, mengatakan kepada surat kabar Het Parool bahwa laporan itu merupakan “langkah maju yang besar”.

“Kami berharap saran ini dapat diubah menjadi kebijakan dalam jangka pendek,” ujarnya. “Dengan ini, Belanda mengambil tanggung jawabnya dengan mengakui ketidakadilan dan memungkinkan untuk mengembalikannya. Kami menyambutnya.”

BERITA REKOMENDASI