Putin Angkat Kepala Intelijen Baru

Editor: Ivan Aditya

RUSIA (KRjogja.com) – Presiden Rusia Vladimir Putin menunjuk Sergei Narsyshkin sebagai kepala dinas intelijen luar negeri. Narsyshkin adalah mantan ketua parlemen dan menjabat sebagai kepala staf kepresidenan. Dia adalah kolega Putin saat masih menjadi agen KGB di era Uni Soviet.

Penunjukkan Naryshkin terjadi di tengah isu keinginan Putin untuk menyatukan badan intelijen Rusia. “Anda sadar, sebagaimana kami, situasi seperti apa yang kita hadapi sekarang dan bagaimana peran lembaga ini untuk kestabilan dan keamanan negara kita,” kata Putin.

Naryshkin termasuk salah satu dari sejumlah pejabat Rusia sekaligus pengusaha yang diberikan sanksi oleh Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, dan Ukraina terkait bisnisnya. Naryshkin selama ini menjadi sekutu dekat Putin, terutama sejak bekerja di kantor wali kota St Petersburg pada 1990 hingga pada 2004 menjadi wakil kepala pembangunan ekonomi di kantor milik Putin. Pada 2008 hingga 2011, ia menjabat sebagai kepala kantor presiden di era kepemimpinan Presiden Dmitry Medvedev. (*)

BERITA REKOMENDASI